of

Manfakatkan Profil Bekas, Wadansat Brimob Beternak Lele Dukung Program Ketahanan Pangan.

Published 03 June 2020 10:23 By Admin Kaltara

Tarakan – Wadansat Brimob Polda Kaltara berinovasi manfaatkan profil bekas untuk digunakan sebagai tempat beternak lele mendukung program ketahanan pangan Kapolri.

Pandemi Virus Corona yang melanda Bangsa Indonesia tak terkecuali di Provinsi Kalimantan Utara. Jumlah kasus Covid-19 yang masih belum mereda hingga saat ini mengakibatkan munculnya berbagai permasalahan yang  dirasakan masyarakat. Memang tak bisa di pungkiri selama masa pandemi, akses masyarakat untuk mendapatkan pangan cukup terbatas, karena mengganggu segala sendi kehidupan baik kesehatan, sosial maupun ekonomi. Selain itu beberapa dampak nyata tersebut juga berpotensi memunculkan tindak kriminalitas di masyarakat karena terdesak oleh kebutuhan pangan dan problematika lainnya yang disebabkan pandemi ini.

Menyikapi dampak yang terjadi saat ini, jajaran Kepolisian terus berinovasi memberikan pengabdian yang terbaik kepada masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19. Kepala Kepolisian Negara Indonesia Jenderal Polisi Drs. Idham Aziz, M.Si. memerintahkan jajarannya untuk membantu pemerintan menangani dampak  Covid-19 dalam program Ketahanan Pangan yang disampaikannya. Satbrimob Polda Kaltara yang merupakan salah satu garda terdepan penanganan Covid-19 di wilayah Kalimantan Utara bergerak cepat dengan terus berinovasi  untuk membantu program ketahanan pangan tersebut.

Kali ini Wakil Komandan Satuan Brimob Pola Kaltara AKBP Sutrisno Hady Santoso, SIK. berinisiatif membuat suatu tempat untuk digunakan sebagai wadah untuk beternak ikan. Ia melihat sebuah profil tank bekas yang tidak terpakai dan memodifikasinya dengan melubangi bagian samping agar dapat dimasukan ikan kedalamnya. Dengan posisi profil tank yang ditidurkan , maka akan seperti bak yang berukuran besar yang dapat menampung air lebih banyak dari pada bak pada umumnya. Dengan inovasi yang dibuatnya Wadansat Brimob mulai beternak lele yang nantinya dapat membantu program ketahanan pangan Kapolri. Wadansat Brimob menyampaikan  bahwa kegiatan yang ia lakukan terinspirasi dari kolam ikan yang ada di Mako Satbrimob Polda Kaltara, “dengan adanya program ketahanan pangan ini, saya berinisiatif untuk memanfaatkan sebuah benda yang tidak terpakai yang bisa digunakan untuk beternak ikan  seperti kolam yang ada di Makosat.” Ucapnya.

Sebernarnya beternak ikan bukan merupakan hal baru di Satbrimob Polda Kaltara. Sebelumnya Komandan Satuan Brimob Polda Kaltara Kombes Pol. Heri Sulesmono, SIK.  juga sudah menyulap salah satu lahan kosong di lingkungan Mako Satbrimob Polda Kaltara Kota Tarakan untuk  dijadikan kolam ikan yang ukurannya cukup luas. Selain itu Ia juga sudah menaruh bibit ikan untuk dikembang biakkan di kolam tersebut. Meskipun sebelumnya kolam tersebut belum dirawat secara baik, namun dengan adanya program ketahanan pangan ini nantinya akan terus diperhatikan baik dari segi pembibitan dan pemberian pakan agar dapat memperoleh hasil yang maksimal agar hasil panen tersebut dapat mendukung kegiatan sosial bagi masyarakat.

Ditemui usai kegiatan pemberian pakan ikan Dansat Brimob Polda Kaltara menjelaskan bahwa dalam situasi pandemi ini Polri dituntuk untuk terus aktif dan berinovasi dalam membantu pemerintah menghadapi dampak dari pandemi covid-19. “dalam masa pandemi seperti ini jajaran Kepolisian dituntun untuk aktif dalam kegiatan sosial kepada masyarakat dan terus berinovasi guna membantu pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19, ya salah satunya ya seperti dilaksanakan Wadan ini dengan beternak ikan. ” ujarnya.

Dengan terus berinovasi dan mendukung penuh program ketahanan pangan ini diharapkan dapat membantu pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan di tengah Pandemi Covid-19.  Selain itu kegiatan sosial kepada masyarakat juga harus tetap dilaksanakan agar dampak ini segera terlewati dan kondisi kehidupan masyarakat lekas pulih dan normal kembali.

Batalyon Pelopor Detasemen Gegana Makosat

Polri dan TNI Amankan Unjuk Rasa Omnibuslaw Lanjutan di Kantor DPR Tarakan

12 October 2020

Tarakan  –Unjuk Rasa tolak Omnibuslaw (cipta kerja) kembali dilakukan ratusan mahasiswa se-Kota Tarakan di depan kantor DPRD Tarakan jalan Jenderal Sudirman, Senin (12/10/2020). Sebelumnya aksi unjuk rasa dilakukan pada Rabu (7/10/2020) lalu. Aksi unjuk rasa jilid II jumlah massa lebih banyak. Ratusan massa demonstran ini terdiri dari berbagai elemen mahasiswa dan Buruh yang ada di Kota Tarakan. Kali massa dari aliansi buruh datang terlebih dan menyuarakan aksinya didepan Kantor DPRD Kota Tarakan Kalimantan Utara, disusul massa dari mahasiswa yang kemudian turut meramaikan lokasi tersebut. Da...

Batalyon Pelopor Detasemen Gegana Makosat

Brimob Kaltara Bersinergi Dengan TNI – Polri & Masyarakat, Padamkan Kebakaran Hutan,

26 February 2019

Tarakan – Personel Satuan Brimob Polda Kalimantan Utara yang bersinergi dengan TNI-Polri dan masyarakat bantu padamkan kebakaran hutan yang terjadi di sekitar wilayah Gunung Amal, Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Selasa (26/02/2019). Setelah mendapat laporan dari masyarakat bahwasanya di wilayah gunung amal telah terjadi kebakaran hutan, Personil Satuan Brimob Polda Kaltara atas dasar Perintah Dansat Brimob Polda Kaltara segera bergegas mendatangi lokasi kebarakan hutan tersebut . “saya mendapat laporan bahwasanya telah terjadi kebakaran hutan di daerah gunung amal. Untuk membantu dan m...

Batalyon Pelopor Detasemen Gegana Makosat

Wadansat Brimob Pimpin Upacara Pembukaan Pelatihan Peingkatan Kemampuan SAR

18 February 2020

Tarakan – Wakil Komandan Satuan Brimob Polda Kaltara AKBP Sutrisno Hady Santoso, SIK pimpin upacara pembukaan Pelatihan Peingkatan Kemampuan Search And Rescue ( SAR ) bagi Personil Satbrimob Polda Kaltara, 18/02/2020. Menindak lanjuti atensi dari Dankorbrimob Polri terkait situasi dan kontijensi bencana yang terjadi dibeberapa wilayah di Indonesia, Satbrimob Polda Kaltara menggelar Pelatihan Peningkatan Kemampuan Search And Rescue / SAR untuk meningkatkan kemampuan personil dalam bidang SAR. Pelatihan peningkatan kemampuan SAR ini di lakukan selama 10 hari di Makosat Brimob Polda Kaltara dimu...

Follow Us