of

Manfakatkan Profil Bekas, Wadansat Brimob Beternak Lele Dukung Program Ketahanan Pangan.

Published 03 June 2020 10:23 By Admin Kaltara

Tarakan – Wadansat Brimob Polda Kaltara berinovasi manfaatkan profil bekas untuk digunakan sebagai tempat beternak lele mendukung program ketahanan pangan Kapolri.

Pandemi Virus Corona yang melanda Bangsa Indonesia tak terkecuali di Provinsi Kalimantan Utara. Jumlah kasus Covid-19 yang masih belum mereda hingga saat ini mengakibatkan munculnya berbagai permasalahan yang  dirasakan masyarakat. Memang tak bisa di pungkiri selama masa pandemi, akses masyarakat untuk mendapatkan pangan cukup terbatas, karena mengganggu segala sendi kehidupan baik kesehatan, sosial maupun ekonomi. Selain itu beberapa dampak nyata tersebut juga berpotensi memunculkan tindak kriminalitas di masyarakat karena terdesak oleh kebutuhan pangan dan problematika lainnya yang disebabkan pandemi ini.

Menyikapi dampak yang terjadi saat ini, jajaran Kepolisian terus berinovasi memberikan pengabdian yang terbaik kepada masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19. Kepala Kepolisian Negara Indonesia Jenderal Polisi Drs. Idham Aziz, M.Si. memerintahkan jajarannya untuk membantu pemerintan menangani dampak  Covid-19 dalam program Ketahanan Pangan yang disampaikannya. Satbrimob Polda Kaltara yang merupakan salah satu garda terdepan penanganan Covid-19 di wilayah Kalimantan Utara bergerak cepat dengan terus berinovasi  untuk membantu program ketahanan pangan tersebut.

Kali ini Wakil Komandan Satuan Brimob Pola Kaltara AKBP Sutrisno Hady Santoso, SIK. berinisiatif membuat suatu tempat untuk digunakan sebagai wadah untuk beternak ikan. Ia melihat sebuah profil tank bekas yang tidak terpakai dan memodifikasinya dengan melubangi bagian samping agar dapat dimasukan ikan kedalamnya. Dengan posisi profil tank yang ditidurkan , maka akan seperti bak yang berukuran besar yang dapat menampung air lebih banyak dari pada bak pada umumnya. Dengan inovasi yang dibuatnya Wadansat Brimob mulai beternak lele yang nantinya dapat membantu program ketahanan pangan Kapolri. Wadansat Brimob menyampaikan  bahwa kegiatan yang ia lakukan terinspirasi dari kolam ikan yang ada di Mako Satbrimob Polda Kaltara, “dengan adanya program ketahanan pangan ini, saya berinisiatif untuk memanfaatkan sebuah benda yang tidak terpakai yang bisa digunakan untuk beternak ikan  seperti kolam yang ada di Makosat.” Ucapnya.

Sebernarnya beternak ikan bukan merupakan hal baru di Satbrimob Polda Kaltara. Sebelumnya Komandan Satuan Brimob Polda Kaltara Kombes Pol. Heri Sulesmono, SIK.  juga sudah menyulap salah satu lahan kosong di lingkungan Mako Satbrimob Polda Kaltara Kota Tarakan untuk  dijadikan kolam ikan yang ukurannya cukup luas. Selain itu Ia juga sudah menaruh bibit ikan untuk dikembang biakkan di kolam tersebut. Meskipun sebelumnya kolam tersebut belum dirawat secara baik, namun dengan adanya program ketahanan pangan ini nantinya akan terus diperhatikan baik dari segi pembibitan dan pemberian pakan agar dapat memperoleh hasil yang maksimal agar hasil panen tersebut dapat mendukung kegiatan sosial bagi masyarakat.

Ditemui usai kegiatan pemberian pakan ikan Dansat Brimob Polda Kaltara menjelaskan bahwa dalam situasi pandemi ini Polri dituntuk untuk terus aktif dan berinovasi dalam membantu pemerintah menghadapi dampak dari pandemi covid-19. “dalam masa pandemi seperti ini jajaran Kepolisian dituntun untuk aktif dalam kegiatan sosial kepada masyarakat dan terus berinovasi guna membantu pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19, ya salah satunya ya seperti dilaksanakan Wadan ini dengan beternak ikan. ” ujarnya.

Dengan terus berinovasi dan mendukung penuh program ketahanan pangan ini diharapkan dapat membantu pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan di tengah Pandemi Covid-19.  Selain itu kegiatan sosial kepada masyarakat juga harus tetap dilaksanakan agar dampak ini segera terlewati dan kondisi kehidupan masyarakat lekas pulih dan normal kembali.

Makosat

Kapolda Kaltara Kunjungi Korban Kebakaran Dan Serahkan Bantuan di Posko Pengungsian

21 January 2020

Tarakan – Kepolisian Daerah Kalimantan Utara (Polda Kaltara) serahkan bantuan untuk korban kebakaran Pasar Batu Sebengkok, Kota Tarakan, 21 Januari 2020. Kapolda Kaltara Brigjen Pol Drs. Indrajit, SH yang didampingi Pejabat Utama Polda Kaltara menyerahkan langsung bantuan sekaligus melihat langsung kondisi korban di posko kebakaran di Halaman Masjid AT Taqwa, Sebengkok, Kota Tarakan. Hadir pula mendampingi Bapak Kapolda Kaltara, Komandan Satuan Brimob Polda Kaltara Kombes Pol Heri Sulesmono, S.I.K. juga ikut mengunjungi lokasi kebakaran. “Kita serahkan Rp 1 Juta tiap Kepala Keluarga (KK), selu...

Batalyon Pelopor

Himbau masyarakat, Patroli gabungan kembali menyisir jalanan Nunukan

17 May 2020

Nunukan – Patroli Gabungan Kompi 3  bersama Satuan kewilayahan kembali  himbau dan tertibkan Masyarakat Kabupaten Nunukan. Sabtu (16/05/2020). Menindak lanjuti himbauan pemerintah, Satbrimob Polda Kaltara bersama satuan kewilayahan kembali melaksanakan Patroli Gabungan guna menghimbau masyarakat untuk tetap tinggal dirumah dan menghindari aktivitas diluar pada malam minggu. Kegiatan ini dilaksakan karena masih banyaknya masyarakat yang membandel dengan tetap beraktivitas diluar rumah, selain itu petugas juga mengantisipasi terjadinya balap liar yang kerap dilaksanakan pada bulan ramadan. Patr...

Batalyon Pelopor Makosat

Brimob Kaltara Ikut Mendukung Gerakan Serentak Menggunakan Masker Di Provinsi Kaltara

10 September 2020

Kaltara – Gerakan menggunakan masker serentak merupakan upaya dalam menekan penyebaran covid-19 di Indonesia. Meninkatnya jumlah pasien covid-19 di Indonesia menjadi perhatian penting sehingga diperlukan aksi nyata dalam penanggulangannya. Penekanan kepada masyarakat untuk memperhatikan protokol kesehatan juga terus digalakkan dalam penanggulangan pandemi ini. Pada hari ini Kamis, 10 September 2020  seluruh instarnsi terkait pemerintahan bersama dengan TNI Polri Provinsi kaltara menggelar kegiatan gerakan menggunakan masker serentak yang dilaksanakan diseluruh wilayah baik Kota maupun Kabupat...

Follow Us