of

Brimob Kaltara Himbau Masyarakat Untuk Tidak Menyebarkan Hoax Tentang Corona

Published 05 April 2020 06:00 By Admin Kaltara

Tarakan –Masyarakat Indonesia mulai diresahkan oleh maraknya informasi yang beredar di media sosial terkait menyebarluasnya Virus Corona (Covid-19).

Seperti halnya yang terjadi dibeberapa wilayah yang menolak pemakaman jenazah positif covid 19 karena kurangnya pengetahuan masyarakat ditambah berita-berita hoax dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab sehingga masyarakat yang kurang memahami siklus penyebaran virus menolak daerahnya dibuat pemakaman jeazah covid-19.

Menyikapi informasi tersebut, Satuan Brimob Polda Kaltara menghimbau kepada masyarakat agar bijaksana dan cermat dalam bermedia sosial, tidak gampang percaya dan tidak menyebarluaskan berita-berita yang sumbernya tidak jelas serta tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya, serta menanyakan dengan ahlinya terkait penyebaran covid 19, mengingat bahwa pemberitaan yang sifatnya bohong (hoax) dapat menyebabkan keresahan bagi kalangan masyarakat pengguna media sosial, terlebih lagi dengan berita tentang Virus Corona (Covid-19) yang akhir-akhir ini menjadi issue utama.

Disamping itu, bagi penyebar berita hoax dapat diancam pidana penjara 6 (enam) tahun dan denda Rp 1.000.000.000,- (satu milyar rupiah) sebagaimana diatur dalam Pasal 28 ayat (1) Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang ITE Subsidair Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang ITE.

Dansat Brimob Polda Kaltara Kombes Pol Heri Sulesmono, SIK menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Tarakan agar tidak membuat atau menyebarluaskan berita atau informasi yang sifatnya bohong (hoax) terlebih lagi dengan informasi hoax tentang Virus Corona yang saat ini mewabah di Wilayah Republik Indonesia pada umumnya, yang dampaknya dapat meresahkan masyarakat, mengingat sanksi pidana atas perbuatan tersebut telah diatur dalam Undang-undang ITE.

 “Bagi masyarakat Kota Tarakan yang ingin mengetahui perkembangan situasi terkait dengan Virus Corona (Covid-19), dapat mengakses pada situs resmi Pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 dan terus gali pengetahuan tentang cara mencegah dan penyebaran covid 19” Kata Dansat Brimob Polda Kaltara.

Batalyon Pelopor

Memantau situasi Kamtibmas di Pelabuhan, Brimob berdialog dengan Dishub Kabupaten Nunukan

14 July 2020

Nunukan  – Patroli Brimob memantau situasi kamtibmas dan pelaksanaan Protokol kesehatan di Pelabuhan Feri Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara. Selasa (14/07/2020). Patroli Brimob yang tergabung dalam Satuan Tugas Aman Nusa II terus menggalakkan Patrolinya dalam memantau situasi di wilayah Kalimantan Utara. Kegiatan ini bertujuan untuk menghimbau dan memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait protokol kesehatan yang harus diterapkan. Patroli ini dilaksanakan personel Brimob Kompi 3 Pelopor ini  guna mendisiplinkan masyarakat terkait pelaksanaan adaptasi kebiasaan baru diwilayah Kabupaten Nu...

Batalyon Pelopor

Sinergitas TNI Polri bersihkan tempat ibadah di Kabupaten Nunukan

16 March 2020

Nunukan – Kompi 3 Batalyon A Pelopor Satbrmob Polda Kaltara bersama dengan Satuan TNI Polri kewilayahan dan masarakat membersihkan tempat ibadah di Kabupaten  Nunukan Kalimantan Utara. Minggu, 15 Maret 2020. Satbrimob Polda Kaltara yang memiliki wilayah backup diseluruh provinsi Kalimantan Utara termasuk Kabupaten Nunukan. Dalam kesempatan kali ini Kompi 3 Batalyon A Pelopor yang berada di Kabupaten Nunukan bersama Satuan TNI Polri Kabupaten Nunukan dan masyarakat melaksanakan kegiatan soasial memberihkan salah satu masjid di wilayah Nunukan. Masjid Al – Hikmah yang berada di Jalan Sei  Jepun...

Batalyon Pelopor

Jajaran Polda Kaltara Amankan Pendaftaran Paslon Pilgub Kalimantan Utara.

07 September 2020

Tanjung Selor - Polda Kalimantan Utara dan instansi terkait pada hari minggu 06 September 2020 melaksanakan pengamanan 3 Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kaltara periode 2021-2025. Pasangan cagub cawagub Kaltara yang pertama tiba di kantor Komisi Pemilihan Umum provinsi Kaltara pada pukul 09.10 wita adalah rombongan bakal calon Gubernur dan bakal calon Wakil Gubernur Kalimantan Utara Zainal Abidin Paliwang dan Yansen Tipa Padan (ZIYAP). Disusul oleh pasangan Cagub Kaltara Udin Hianggio dan Cawagub, Undunsyah (U2Syah) tiba di kantor KPU Prov Kaltara sekitar ...

Follow Us