of

1 Pleton Brimob Kaltara Ikuti Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Kayan 2019

Published 20 December 2019 06:00 By Admin Kaltara


Bulungan – 1 Pleton Kompi 1 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltara mengikuti apel gelar pasukan Operasi Lilin Kayan 2019 di Mapolda Kaltara yang dipimpin oleh Direktur Samapta Polda Kaltara, Kamis 19 Desember 2019.

Apel gelar pasukan ini bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personel dan peralatan pengamanan. Serta soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan serta menumbuhkan ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat dalam merayakan hari Natal dan tahun baru 2020.

“Operasi Lilin tahun 2019 merupakan operasi kepolisian terpusat yang akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai hari Senin tanggal 23 Desember 2019 sampai dengan hari Rabu tanggal 1 Januari 2020,” sebutnya.

Fokus pengamanan personel itu seperti gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, objek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan dan bandara. Dengan melibatkan setidaknya 824 personel kepolisian dan 409 orang dari instansi terkait seperti Satpol PP, Dishub, Dinkes, Pramuka, Damkar, Linmas, Senkom, UPP dan KSOP serta Basarnas. “Personel polda ada 60 orang dan personel seluruh polres jajaran sebanyak 764 orang serta dari instansi samping terlibat,” jelas Dirsamapta Polda Kaltara.

Untuk objek yang akan dijaga keamanannya saat operasi lilin, yakni 385 gereja, 4 terminal, 23 pelabuhan, 5 bandara, 27 pusat perbelanjaan dan 32 objek wisata. Dengan mengedepankan tindakan preemtif dan preventif dengan didukung kegiatan intelijen berupa deteksi dini dan deteksi aksi. Serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

“Berdasarkan prediksi intelijen terdapat 12 potensi kerawanan yang harus kita antisipasi. Yaitu aksi terorisme, kejahatan konvensional, kemacetan lalu lintas, kecelakaan transportasi, sweeping ormas, aksi penolakan peribadatan,” ujarnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, seluruh Kasatwil harus dapat bersinergi dengan stakeholder terkait. Untuk menentukan Iangkah antisipasi yang proaktif dan menerapkan strategi yang tepat guna mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada sesuai dengan karakteristik kerawanan masing-masing daerah.

Dansat Brimob Polda Kaltara memberikan penekanan terhadap anggota yakni melakukan deteksi dini dengan memetakan titik-titk kerawanan secara tepat. Serta optimalkan penggalangan untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat. “Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, serta tingkatkan kewaspadaan pengamanan melalui penerapan buddy system,” kata Dansat Brimob Polda Kaltara.

Batalyon Pelopor

Brimob Nunukan Sosialisasikan Protokol kesehatan Kepada Para Nelayan

13 July 2020

Nunukan  – Kompi 3 Pelopor melaksanakan Patroli rutin sekaligus sosialisasikan protokol kesehatan kepada Para Nelayan Kabupaten Bulungan. Senin (13/07/2020). Masa Pandemi Covid-19 yang yang kunung usai dapat menyerang siapapun dan tidak bisa dilihat dengan kasat mata. Masyarakat dengan segala aktivitasnya harus tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam kesehariannya. Seluruh lapisan masyarakat harus bekerja sama memutus mata rantai penyebarannya, tak terkecuali masyarakat pesisir dan para nelayan yang berada di Kabupaten Nunukan. Kali ini Kompi 3 Batalyon A Pelopor melaksanakan Patroli gun...

Batalyon Pelopor

Kompi 3 Nunukan semprotkan disinfektan mencegah penyebaran virus corona

19 March 2020

Nunukan – Mewaspadai penyebaran Virus Corona, Kompi 3 Pelopor melaksanakan Penyemprotan cairan disinfektan oleh di lingkungan Mako Kompi 3 Batalon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltara Kabupaten Nunukan Kaltara. Kamis, (19/03/2020). Penyebaran Virus Corona yang semakin menghawatirkan di wilayah Indonesia. Di Kalimantan Utara sudah terdapat beberapa masyarakat yang masuk sebagai orang dalam pantauan (ODP). Menanggapi situasi ini kewaspadaan dilakukan oleh pemprov maupun instansi-instansi terkait di Kalimantan Utara. Kompi 3 Pelopor yang merupakan jajaran Satuan Brimob Polda Kaltara turut waspada s...

Batalyon Pelopor Detasemen Gegana Makosat

Manisnya Negeriku Persembahan Personil Satbrimob Polda Kaltara Sambut Pemilu Damai

25 February 2019

Sambut Pemilu Tahun 2019 Personil Satuan Brimob Polda Kaltara memberikan sebuah persembahan kepada masyarakat untuk mewujudkan Pemilu yang Aman, Sejuk dan Damai. Sebuah Vidio klip yang diperagakan oleh personil Brimob yang dibuat di Mako Satuan Brimob Polda Kalimantan Utara yang dikemas dalam bentuk parodi hiburan kaya akan pesan moral. Sebuah karya yang di prakarsai oleh Wakil Komandan Satuan Brimob Polda Kalimantan Utara dan didukung sepenuhnya oleh Komandan Satuan Brimob Polda Kalimantan Utara guna memberikan hal positif dalam Pemilu Tahun ini, serta mengingatkan kepada masyarakat akan pent...

Follow Us