of

1 Pleton Brimob Kaltara Ikuti Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Kayan 2019

Published 20 December 2019 06:00 By Admin Kaltara


Bulungan – 1 Pleton Kompi 1 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltara mengikuti apel gelar pasukan Operasi Lilin Kayan 2019 di Mapolda Kaltara yang dipimpin oleh Direktur Samapta Polda Kaltara, Kamis 19 Desember 2019.

Apel gelar pasukan ini bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personel dan peralatan pengamanan. Serta soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan serta menumbuhkan ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat dalam merayakan hari Natal dan tahun baru 2020.

“Operasi Lilin tahun 2019 merupakan operasi kepolisian terpusat yang akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai hari Senin tanggal 23 Desember 2019 sampai dengan hari Rabu tanggal 1 Januari 2020,” sebutnya.

Fokus pengamanan personel itu seperti gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, objek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan dan bandara. Dengan melibatkan setidaknya 824 personel kepolisian dan 409 orang dari instansi terkait seperti Satpol PP, Dishub, Dinkes, Pramuka, Damkar, Linmas, Senkom, UPP dan KSOP serta Basarnas. “Personel polda ada 60 orang dan personel seluruh polres jajaran sebanyak 764 orang serta dari instansi samping terlibat,” jelas Dirsamapta Polda Kaltara.

Untuk objek yang akan dijaga keamanannya saat operasi lilin, yakni 385 gereja, 4 terminal, 23 pelabuhan, 5 bandara, 27 pusat perbelanjaan dan 32 objek wisata. Dengan mengedepankan tindakan preemtif dan preventif dengan didukung kegiatan intelijen berupa deteksi dini dan deteksi aksi. Serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

“Berdasarkan prediksi intelijen terdapat 12 potensi kerawanan yang harus kita antisipasi. Yaitu aksi terorisme, kejahatan konvensional, kemacetan lalu lintas, kecelakaan transportasi, sweeping ormas, aksi penolakan peribadatan,” ujarnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, seluruh Kasatwil harus dapat bersinergi dengan stakeholder terkait. Untuk menentukan Iangkah antisipasi yang proaktif dan menerapkan strategi yang tepat guna mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada sesuai dengan karakteristik kerawanan masing-masing daerah.

Dansat Brimob Polda Kaltara memberikan penekanan terhadap anggota yakni melakukan deteksi dini dengan memetakan titik-titk kerawanan secara tepat. Serta optimalkan penggalangan untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat. “Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, serta tingkatkan kewaspadaan pengamanan melalui penerapan buddy system,” kata Dansat Brimob Polda Kaltara.

Detasemen Gegana

Gegana Kaltara Sterilisasi Lokasi Kunjungan Mendagri di Kalimantan Utara

17 July 2020

Tarakan – Satbrimob Polda Kaltara mengerahkan Personel Detasemen Gegana untuk malaksanakan Sterilisasi guna mengamankan lokasi Kunjungan kerja Mendagri di Kota Tarakan Kalimantan Utara. Jum’at, 17 Juli 2020. Kunjungan kerja Mendagri  Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D. di Kalimantan merupakan agenda yang sudah disiapkan dalam rangka Pemilukada serentak tahun 2020 dan pengarahan gugus tugas covid-19 di Kalimantan Utara. Rombangan yang akan tiba pada siang hai ini dipersiapkan secara matang terkait pengamanannya. Satbrimob Polda Kaltara mengerahkan personel Gegana guna sterilisasi lokasi –lo...

Batalyon Pelopor

Siaga Natal, Brimob Kompi 1 Sterilisasi Gereja di Ibu Kota Provinsi Kaltara

24 December 2020

Bulungan - Jelang pelaksanaan Misa Natal 2020, Personil Kompi 1 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltara melakukan sterilisasi di gereja-gereja yang berada di Kabupaten Bulungan Kalimantan Utara, Kamis  (24/12). Demi mendukung kelancaran jalannya perayaan natal dan tahun baru, Satbrimob Polda Kaltara memerintahkan jajarannya untuk melaksanakan sterilisasi maupun pengamanan di tempat ibadah. Gereja menjadi sasaran utama dalam pelaksanaan kegiatan tersebut mengingat jemaah umat nasrani yang diperkirakan  akan menggelar ibadah misa natal pada esok harinya. Sterilisasi dilakukan sejak pukul 17....

Detasemen Gegana

Kunjungi Pelabuhan, Brimob Memantau Situasi Di Hari Besar Islam

20 August 2020

Tarakan  - Personel Detasemen Gegana melaksanakan patroli memantau situasi kamtibmas serta berikan tentang Covid-19 di pelauhan Tengkayu di Kota Tarakan Kalimantan Utara. Kamis (20/08/2020). Dibawah pimpinan Bripka Fauzan, Patroli Satbrimob Polda Kaltara memantau situasi dan kondusifitas kamtibmas pada hari besar Islam di pelabuhan Tengkayu Kota Tarakan. Pada momen-momen hari besar serta libur panjang seperti ini wilayah pelabuhan biasanya mengalami lonjakan penumpang. Kenyamanan dan keamanan masyarakat masi menjadi hal perhatian utama pihak keamanan. Saat ini penerapan adaptasi kebiasaan bar...

Follow Us