of

Unit Jibom Den Gegana kembali temukan Granat aktif sisa PD II di Kota Tarakan

Published 06 April 2021 11:27 By Admin Kaltara

TARAKAN – Satu unit Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kaltara lakukan evakuasi temuan Granat aktif sisa Perang Dunia II di Kel. Juata Krikil Kec. Tarakan Utara Kota Tarakan. Senin, 05/04/2021.Benda mencurigakan kembali ditemukan salah seorang warga di Kota Tarakan . Penemuan ini dimulai ketika Saudara Jones (25) yang sedang melaksanakan penggalian pasir mendapati benda keras di tengah medan galiannya. Dengan langsung bergegas melaporkan benda temuannya ke Mako Satbrimob Polda Kaltara yang diterima oleh personel penjagaan. Laporan ini kemudian diteruskan kepada Unit Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kaltara.

Dengan langsung mempersiapkan peralatan yang ada unit jibom Detasemen gegana bergegas menuju lokasi penemuan tersebut. Personel yang terlibat kali ini dipimpin oleh Bripka Budiono selaku PS. Panit Jibom Den Gegana. Benda temuan kali ini berupa Granat aktif sisa perang dunia II.

Kota Tarakan  merupakan salah satu lokasi pertempuran pada perang dunia kedua sehingga banyak sekali peninggalan sejarah termasuk benda militer.  Oleh sebab itu tak heran jika unit jibom sering sekali mendapatkan informasi terkait penemuan benda militer seperti mortir, torpedo dan bahan peledak lainya yang masih aktif.

Wadan Subden Gegana Satbrimob Polda Kaltara Ipda Anggit Ilham Pratama, S.Trk. membenarkan terkait penemuan tersebut. “Mendengar informasi dari masyarakat, Den Gegana langsung bergegas untuk menindak lanjuti benda mencurigakan tersebut dan benar telah ditemukan granat aktif,” kata Ipda Anggit.

Ia menambahkan bahwa Unit Jibom telah dikerahkan dalam proses evakuasi tersebut, “Kami mengerahkan satu unit jibom dalam proses evakuasi ini, dengan prosedur yang ada personel mengevakuasi mortir untuk di amankan,” tutupnya.

Dengan adanya penemuan mortir ini, Wadan Subden Gegana mengimbau kepada masyarakat Kota Tarakan untuk segera melaporkan kepada pihak berwajib jika ada menemukan benda mencurigakan yang menyerupai bom atau mortir, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Batalyon Pelopor

Ikut Andil Dalam Operasi Yustisi, Brimob Kaltara Utamakan Penertiban Protokol Kesehatan

18 March 2021

Nunukan – Pandemi Covid-19 yang masih menghantui menjadi hal yang sangat diwaspadai setiap lapisan. Dalam hal ini tim gabungan TNI, Polri, Pamong Praja dan instansi terkait gencar melakasanakan Operasi Yustisi untuk mendisiplinkan warga yang masih tidak mematuhi penggunaan masker ditempat umum. Selain itu juga dalam operasi ini tim gabungan melakukan razia senjata tajam dan obat-obatan terlarang. Bertempat di Polsek Nunukan yang berada tepat di depan Alun-Alun Kabupaten Nunukan sebanyak 30 anggota tim gabungan dikerahkan untuk melakukan pendisiplinan penerapan protokol kesehatan dalam hal ini...

Batalyon Pelopor Detasemen Gegana Makosat

Manfakatkan Profil Bekas, Wadansat Brimob Beternak Lele Dukung Program Ketahanan Pangan.

03 June 2020

Tarakan – Wadansat Brimob Polda Kaltara berinovasi manfaatkan profil bekas untuk digunakan sebagai tempat beternak lele mendukung program ketahanan pangan Kapolri. Pandemi Virus Corona yang melanda Bangsa Indonesia tak terkecuali di Provinsi Kalimantan Utara. Jumlah kasus Covid-19 yang masih belum mereda hingga saat ini mengakibatkan munculnya berbagai permasalahan yang  dirasakan masyarakat. Memang tak bisa di pungkiri selama masa pandemi, akses masyarakat untuk mendapatkan pangan cukup terbatas, karena mengganggu segala sendi kehidupan baik kesehatan, sosial maupun ekonomi. Selain itu beber...

Batalyon Pelopor

Tim Patmor Brimob Sambangi Kantor Capil berikan himbauan Protokol kesehatan

04 July 2020

Tarakan - Guna selalu menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif serta berikan pemahaman terkait protokol kesehatan, Tim patmor Kompi 2 Batalyon A Pelopor melaksanakan Patroli di wilayah hukum Kota Tarakan. Sabtu (04/07/2020). Dalam kegiatan tersebut tim patmor yang dipimpin oleh Aipda Muzammil melaksanakan patroli ke wilayah Tarakan tengah dan sekitarnya. Dalam Patrolinya menghampiri beberapa masyarakat yang berada di Kantor Catatan Sipil Kota Tarakan. Terkait Hal itu tim patmor memberikan himbauan pemerintah untuk menerapkan social distancing maupun psycal distancing dan  menggunakan ...

Follow Us