of

Unit Jibom Den Gegana kembali temukan Granat aktif sisa PD II di Kota Tarakan

Published 06 April 2021 11:27 By Admin Kaltara

TARAKAN – Satu unit Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kaltara lakukan evakuasi temuan Granat aktif sisa Perang Dunia II di Kel. Juata Krikil Kec. Tarakan Utara Kota Tarakan. Senin, 05/04/2021.Benda mencurigakan kembali ditemukan salah seorang warga di Kota Tarakan . Penemuan ini dimulai ketika Saudara Jones (25) yang sedang melaksanakan penggalian pasir mendapati benda keras di tengah medan galiannya. Dengan langsung bergegas melaporkan benda temuannya ke Mako Satbrimob Polda Kaltara yang diterima oleh personel penjagaan. Laporan ini kemudian diteruskan kepada Unit Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kaltara.

Dengan langsung mempersiapkan peralatan yang ada unit jibom Detasemen gegana bergegas menuju lokasi penemuan tersebut. Personel yang terlibat kali ini dipimpin oleh Bripka Budiono selaku PS. Panit Jibom Den Gegana. Benda temuan kali ini berupa Granat aktif sisa perang dunia II.

Kota Tarakan  merupakan salah satu lokasi pertempuran pada perang dunia kedua sehingga banyak sekali peninggalan sejarah termasuk benda militer.  Oleh sebab itu tak heran jika unit jibom sering sekali mendapatkan informasi terkait penemuan benda militer seperti mortir, torpedo dan bahan peledak lainya yang masih aktif.

Wadan Subden Gegana Satbrimob Polda Kaltara Ipda Anggit Ilham Pratama, S.Trk. membenarkan terkait penemuan tersebut. “Mendengar informasi dari masyarakat, Den Gegana langsung bergegas untuk menindak lanjuti benda mencurigakan tersebut dan benar telah ditemukan granat aktif,” kata Ipda Anggit.

Ia menambahkan bahwa Unit Jibom telah dikerahkan dalam proses evakuasi tersebut, “Kami mengerahkan satu unit jibom dalam proses evakuasi ini, dengan prosedur yang ada personel mengevakuasi mortir untuk di amankan,” tutupnya.

Dengan adanya penemuan mortir ini, Wadan Subden Gegana mengimbau kepada masyarakat Kota Tarakan untuk segera melaporkan kepada pihak berwajib jika ada menemukan benda mencurigakan yang menyerupai bom atau mortir, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Detasemen Gegana

Den Gegana Laksanakan Patroli Covid, Berikan Himbauan Di Pelabuhan

05 June 2020

Tarakan  - Satuan Brimob Polda Kaltara melalui Detasemen Gegana melaksanakan patroli memberikan himbauan mengantisipasi penyebaran Covid-19 di objek-objek vital  di Kota Tarakan Kalimantan Utara. Jum’at  (05/06/2020). Dibawah pimpinan Bripka Sugiyanto, Patroli Brimob beberapa objek vital Kota Tarakan guna memantau situasi dan kondusifitas di area tersebut dalam masa pandemi Covid-19. Saat ini penerapan PSBB akan segera berakir di Kota Tarakan dan akan dilaksanakan penerapan New Normal , tempat objek vital seperti Bandara,Pelabuhan dan laiinya kemungkinan akan diaktifkan oleh aktivitas masyara...

Batalyon Pelopor Detasemen Gegana

Satgas Aman Nusa II Semprotkan Disinfektan Di Pemukiman Cegah Penyebaran Covid-19

08 November 2020

Tarakan - Sebagai upaya pencegahan penyebaran wabah virus Covid-19 serta sosialisasikan protokol kesehatan, Satgas Aman Nusa II Satbrimob Polda Kaltara melakukan penyemprotan pemukiman warga di wilayah Lingkas Kota Tarakan Kalimantan Utara. Minggu (08/11/2020). Pada kesempatan ini personel gabungan dari Detasemen Gegana dan Kompi 2 Yon A Pelopor memberikan bantuan penyemprotan disinfektan di rumah rumah warga serta himbauan kepada warga masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan serta menerapkan protokol kesehatan dimanapun berada. Dengan menggunakan perlengkapan KBR (Kimiab Biolog...

Batalyon Pelopor

Patroli Malam Brimob Berikan Himbauan Serta Pastikan Keamanan Kamtibmas

20 February 2021

Tarakan  – Personel Brimob laksanakan patroli malam berikan himbauan kamtibmas dan protokol kesehatan kepada masyarakat di wilayah Kota Tarakan. Jum’at malam  (19/2/2021). Petugas keamanan khususnya Kepolisian dituntut untuk selalu waspada menjaga kamtibmas terutama pada masa pandemi covid-19. Kegiatan masyarakat dimalam hari menjadi salah satu perhatian tim patroli untuk tetap menjaga kondusifitas di tengah masyarakat serta menekan penyebaran covid melalui himbauan. Demi memberikan rasa aman Satbrimob Polda Kaltara melalui Kompi 2 Batalyon A Pelopor menggelar Patroli kamandahan menggunakan k...

Follow Us