of

Unit Jibom Den Gegana kembali temukan Granat aktif sisa PD II di Kota Tarakan

Published 06 April 2021 11:27 By Admin Kaltara

TARAKAN – Satu unit Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kaltara lakukan evakuasi temuan Granat aktif sisa Perang Dunia II di Kel. Juata Krikil Kec. Tarakan Utara Kota Tarakan. Senin, 05/04/2021.Benda mencurigakan kembali ditemukan salah seorang warga di Kota Tarakan . Penemuan ini dimulai ketika Saudara Jones (25) yang sedang melaksanakan penggalian pasir mendapati benda keras di tengah medan galiannya. Dengan langsung bergegas melaporkan benda temuannya ke Mako Satbrimob Polda Kaltara yang diterima oleh personel penjagaan. Laporan ini kemudian diteruskan kepada Unit Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kaltara.

Dengan langsung mempersiapkan peralatan yang ada unit jibom Detasemen gegana bergegas menuju lokasi penemuan tersebut. Personel yang terlibat kali ini dipimpin oleh Bripka Budiono selaku PS. Panit Jibom Den Gegana. Benda temuan kali ini berupa Granat aktif sisa perang dunia II.

Kota Tarakan  merupakan salah satu lokasi pertempuran pada perang dunia kedua sehingga banyak sekali peninggalan sejarah termasuk benda militer.  Oleh sebab itu tak heran jika unit jibom sering sekali mendapatkan informasi terkait penemuan benda militer seperti mortir, torpedo dan bahan peledak lainya yang masih aktif.

Wadan Subden Gegana Satbrimob Polda Kaltara Ipda Anggit Ilham Pratama, S.Trk. membenarkan terkait penemuan tersebut. “Mendengar informasi dari masyarakat, Den Gegana langsung bergegas untuk menindak lanjuti benda mencurigakan tersebut dan benar telah ditemukan granat aktif,” kata Ipda Anggit.

Ia menambahkan bahwa Unit Jibom telah dikerahkan dalam proses evakuasi tersebut, “Kami mengerahkan satu unit jibom dalam proses evakuasi ini, dengan prosedur yang ada personel mengevakuasi mortir untuk di amankan,” tutupnya.

Dengan adanya penemuan mortir ini, Wadan Subden Gegana mengimbau kepada masyarakat Kota Tarakan untuk segera melaporkan kepada pihak berwajib jika ada menemukan benda mencurigakan yang menyerupai bom atau mortir, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Batalyon Pelopor Detasemen Gegana Makosat

TNI-Polri kembali menggelar Bhakti Sosial Dapur Lapangan Untuk Masyarakat Kota Tarakan

12 May 2020

Tarakan -  Satbrimob Polda Kaltara bersama Satuan Kewilayahan menggelar dapur lapangan untuk masyarakat Kota Tarakan Kalimantan Utara. Senin, (11/05/2020). Dampak penyebaran Covid-19 sudah memberikan efek buruk bagi masyarakat, terutama dalam perekonomian. Diterapkannya psycal distancing, work from home dan PSBB maupun kebijakan lainya memicu berkurangnya penghasilan beberapa masyarakat yang mengandalkan penghasilan harian, terlebih di bulan ramadan seperti saat ini. Menyikapi hal tersebut TNI Polri Kota Tarakan kembali bersinergi melaksanakan bhakti sosial dengan menggelar dapur lapangan dan...

Batalyon Pelopor

Jahit Masker Kain Sendiri, Inilah Upaya Bhayangkari Kompi 3 Untuk Lawan Corona

08 April 2020

Nunukan – Di tengah masifnya penyebaran virus corona atau Covid-19, sejumlah wilayah kesulitan untuk mendapatkan Alat Pelindung Diri (APD), terutama masker. Padahal masker menjadi salah satu alat pelindung dari Covid-19. Menyikapi hal tersebut, Bhayangkari Brimob Kompi 3 Batalyon A Pelopor memiliki ide kreatif yakni dengan membuat masker kain. Dengan memanfaatkan waktu “Work From Home” yang dicanangkan Pemerintah, Bhayangkari Kompi 3 berinisiatif membuat masker sendiri dengan bahan bahan kain. Danyon A Pelopor AKBP Irwan Yuli Prasetyo, SIK melalui PS. Danki 3 Ipda Edison, SH mengatakan bahwa ...

Batalyon Pelopor Detasemen Gegana Makosat

Kapolda Kaltara bersama Danrem 092/Mlr berikan arahan dalam rangkaian kunjugan kerja di Makosat Brimob Tarakan

23 June 2020

Tarakan – Kapolda Kaltara dan Danrem 092/Mrl beserta rombongan mengunjungi Satbrimob Polda Kaltara dalam rangkaian kungjungan kerja di Mako Satbrimob Polda Kaltara Kota Tarakan. Selasa(23/06/2020). Kapolda Kaltara bersama rombongan telah kembali dari perjalanan Kunjungan kerjanya di wilayah perbataasan Kabupaten Nunukan yang ditempuh melalu jalur laut. Setiba di Tarakan, Kalimantan Utara, Danrem bersama Kapolda langsung menuju Mako Satbrimobda Kaltara untuk bertatap langsung dengan personil Brimob Polda Kaltara yang disambut dengan yel-yel dan Jajaran Kehormatan oleh Personel Brimob. Dalam ta...

Follow Us