of

Unit Jibom Den Gegana kembali temukan Granat aktif sisa PD II di Kota Tarakan

Published 06 April 2021 11:27 By Admin Kaltara

TARAKAN – Satu unit Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kaltara lakukan evakuasi temuan Granat aktif sisa Perang Dunia II di Kel. Juata Krikil Kec. Tarakan Utara Kota Tarakan. Senin, 05/04/2021.Benda mencurigakan kembali ditemukan salah seorang warga di Kota Tarakan . Penemuan ini dimulai ketika Saudara Jones (25) yang sedang melaksanakan penggalian pasir mendapati benda keras di tengah medan galiannya. Dengan langsung bergegas melaporkan benda temuannya ke Mako Satbrimob Polda Kaltara yang diterima oleh personel penjagaan. Laporan ini kemudian diteruskan kepada Unit Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kaltara.

Dengan langsung mempersiapkan peralatan yang ada unit jibom Detasemen gegana bergegas menuju lokasi penemuan tersebut. Personel yang terlibat kali ini dipimpin oleh Bripka Budiono selaku PS. Panit Jibom Den Gegana. Benda temuan kali ini berupa Granat aktif sisa perang dunia II.

Kota Tarakan  merupakan salah satu lokasi pertempuran pada perang dunia kedua sehingga banyak sekali peninggalan sejarah termasuk benda militer.  Oleh sebab itu tak heran jika unit jibom sering sekali mendapatkan informasi terkait penemuan benda militer seperti mortir, torpedo dan bahan peledak lainya yang masih aktif.

Wadan Subden Gegana Satbrimob Polda Kaltara Ipda Anggit Ilham Pratama, S.Trk. membenarkan terkait penemuan tersebut. “Mendengar informasi dari masyarakat, Den Gegana langsung bergegas untuk menindak lanjuti benda mencurigakan tersebut dan benar telah ditemukan granat aktif,” kata Ipda Anggit.

Ia menambahkan bahwa Unit Jibom telah dikerahkan dalam proses evakuasi tersebut, “Kami mengerahkan satu unit jibom dalam proses evakuasi ini, dengan prosedur yang ada personel mengevakuasi mortir untuk di amankan,” tutupnya.

Dengan adanya penemuan mortir ini, Wadan Subden Gegana mengimbau kepada masyarakat Kota Tarakan untuk segera melaporkan kepada pihak berwajib jika ada menemukan benda mencurigakan yang menyerupai bom atau mortir, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Makosat

Dalam Rangka Hari Armada Tahun 2019, Dansat Brimob Hadiri Lomba Speedboat Race Danlantamal XIII Cup

23 December 2019

Dalam Rangka Hari Armada Tahun 2019, Dansat Brimob Hadiri Lomba Speedboat Race Danlantamal XIII Cup TARAKAN – Dansat Brimob Polda Kaltara Kombes Pol Heri Sulesmono, SIK menghadiri Lomba Speedboat Race Danlantamal XIII Cup dalam rangka memperingati Hari Armada Tahun 2019 di dermaga beringin Tarakan, Sabtu (21/12/2019). Kombes Pol Heri Sulesmono, SIK ini mengucapkan selamat Hari Bahari ke 74 kepada TNI Angkatan Laut (AL) terutama Lantamal XIII Tarakan. "Kami berharap mudah-mudahan di usia 74 ini TNI AL semakin kuat dan semakin jaya di laut maupun di darat. Tentu kita berharap kekuatan ini dapat...

Batalyon Pelopor

Patmor Kompi 1 Kunjungi Gereja Dalam Pelaksanaan Ibadah Hari Minggu Pagi.

28 June 2020

Tanjung Selor – Patroli Kompi 1 Yon A Pelopor Satuan Brimob Polda Kaltara mengunjungi Gereja dalam pelaksanaan ibadah masyarakat dan memantau penerapkan protokol kesehatan di tempat ibadah. Minggu (28/6/2020). Pelaksanaan ibadah merupakan suatu kewajuban bagi umat beragama, di masa pendemi seperti ini kegiatan tersebut dapat dilaksanakan namun ada protokol kesehatan yang harus di patuhi. Pihak terkait seperti TNI Polri maupun pemerintahan harus selalu siap dalam mengawasi pelaksanaan kegiatan tersebut. Guna mendukung pelaksanaan New Normal, Satbrimob Polda Kaltara mengawasi kegiatan masyaraka...

Makosat

Dansat Brimob Turut Menyambut Kedatangan Kapolda Kaltara, Irjen Pol Bambang Kristiyono

01 September 2020

Tarakan - Resmi di lantik menjadi Kapolda Kalimantan Utara, Irjen Pol Drs. Bambang Kristiyono, M.Hum. akhirnya tiba di Tarakan untuk mengemban tugas yang diberikan kepadanya. Selain meneruskan prestasi yang sudah ditorehkan oleh Kapolda sebelumnya yaitu Irjen Pol Drs. Indrajit,S.H., Irjen Pol Bambang (sapaan akrabnya) juga membawa 3 misi utama yang telah diinstruksikan langsung oleh Kapolri, Jenderal Polisi Idham Aziz. Selasa, (01/09/2020). Kegiatan yang dimulai pada pukul 10.30 Wita tersebut dilaksankan di ruang VIP Bandara Juwata Kota Tarakan Kalimantan Utara. Penyambutan Kapolda Kaltara in...

Follow Us