of

Unit Jibom Den Gegana Amankan Temuan Mortir di Kota Tarakan

Published 08 February 2021 22:26 By Admin Kaltara

TARAKAN – Satu unit Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kaltara lakukan evakuasi temuan mortir di Kelurahan Karang Anyar Tarakan Barat Kota Tarakan. Senin, 08/02/2021.

Benda mencurigakan kembali ditemukan salah seorang warga di Kota Tarakan . Penemuan ini dimulai ketika Nurikan (48) yang sedang melaksanakan penggalian pasir mendapati benda keras di tengah medan galiannya. Dengan langsung bergegas melaporkan benda temuannya ke Mako Satbrimob Polda Kaltara yang diterima oleh personel penjagaan. Laporan ini kemudian diteruskan kepada Unit Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kaltara.

Dengan langsung mempersiapkan peralatan yang ada unit jibom Detasemen gegana bergegas menuju lokasi penemuan tersebut. Personel yang terlibat kali ini dipimpin oleh Bripka Budiono selaku PS. Panit Jibom Den Gegana. Benda temuan kali ini diduga mortir aktif mortir sisa perang dunia II.

Kota Tarakan  merupakan salah satu lokasi pertempuran pada perang duia kedua sehingga banyak sekali peninggalan sejarah termasuk benda militer.  Oleh sebab itu tak heran jika unit jibom sering sekali mendapatkan informasi terkait penemuan benda militer seperti mortir, torpedo dan bahan peledak lainya yang masih aktif.

Wadan Subden Gegana Satbrimob Polda Kaltara Ipda Anggit Ilham Pratama, S.Trk. membenarkan terkait penemuan tersebut. “Mendengar informasi dari masyarakat, Den Gegana langsung bergegas untuk menindak lanjuti benda mencurigakan tersebut dan benar telah ditemukan mortir aktif,” kata Ipda Anggit.

Ia menambahkan bahwa Unit Jibom telah dikerahkan dalam proses evakuasi tersebut, “Kami mengerahkan satu unit jibom dalam proses evakuasi ini, dengan prosedur yang ada personel mengevakuasi mortir untuk di amankan,” tutupnya.

Dengan adanya penemuan mortir ini, Wadan Subden Gegana mengimbau kepada masyarakat Kota Tarakan untuk segera melaporkan kepada pihak berwajib jika ada menemukan benda mencurigakan yang menyerupai bom atau mortir, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Batalyon Pelopor Makosat

Dansat Brimob Ikuti Giat “Polri Peduli Penghijauan” di Mapolda Kaltara

10 January 2020

Bulungan – Dansat Brimob Polda Kaltara Kombes Pol Heri Sulesmono, SIK hadiri giat Polri Peduli Penghijauan yang digelar oleh Polda Kaltara, pada tanggal 10 Januari 2020. Kapolda Kalimantan Utara Brigjen Pol Drs Indrajit, S.H. memimpin apel pasukan dalam rangka kegiatan polri peduli penghijaun di lapangan apel Polda Kalimantan Utara di Jalan M.Yasin no.86 Bumi Rahayu yang dihadiri juga Oleh TNI-Polri dan Satpol PP Kaltara. Meskipun cuaca hujan tidak menjadi penghalang kegiatan apel dan Penanaman Pohon di lingkungan Polda Kaltara. Dalam apel tersebut Kapolda Kaltara secara simbolis menyerahkan ...

Batalyon Pelopor

Potret Brimob Sahabat Anak, Patroli Brimob Kompi 3 Sapa Anak-anak

05 February 2020

Nunukan - Selalu memberikan imbauan-imbauan kamtibmas di manapun tempatnya termasuk di tempat-tempat keramaian, Petugas Patroli Brimob Kompi 3 Batalyon A Pelopor, dipimpin oleh Brigpol Purwanto dan tim menghentikan patrolinya di Alun-alun Kabupaten Nunukan, Selasa, (04/02/2020). Brigpol Purwanto dan tim menyapa anak anak yang sedang melaksanakan kegiatan di alun-alun Kabupaten Nunukan tersebut dan mengajak berdialog sambil memberikan imbauan untuk berhati-hati dalam melakukan kegiatan di sekitar alun-alun mengingat ramainya lalu lintas disekitar alun-alun. Selain itu Brigpol Purwanto d...

Batalyon Pelopor

Semprotkan Cairan Desinfektan, Brimob Tingkatkan Upaya Pencegahan Corona Di Nunukan

18 April 2020

Nunukan – Personil Brimob Kompi 3 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltara kembali menyemprotkan cairan disinfektan di Jalan-jalan Protokol di Kabupaten Nunukan pada hari Sabtu, 18 April 2020. Penyemprotan menggunakan mobil Armour Water Cannon atau AWC dengan tujuan untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona (COVID-19) di wilayah Kabupaten Nunukan. Dipimpin oleh PS. Komandan Kompi 3 Ipda Edison SH, personil Brimob menggunakan peralatan lengkap dan APD selain menyemprotkan desinfektan juga memberikan himbauan kepada masyarakat untuk mengurangi aktifitasnya diluar rumah, apabila terpaksa ke...

Follow Us