of

Unit Jibom Den Gegana Amankan Temuan Mortir di Kota Tarakan

Published 08 February 2021 22:26 By Admin Kaltara

TARAKAN – Satu unit Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kaltara lakukan evakuasi temuan mortir di Kelurahan Karang Anyar Tarakan Barat Kota Tarakan. Senin, 08/02/2021.

Benda mencurigakan kembali ditemukan salah seorang warga di Kota Tarakan . Penemuan ini dimulai ketika Nurikan (48) yang sedang melaksanakan penggalian pasir mendapati benda keras di tengah medan galiannya. Dengan langsung bergegas melaporkan benda temuannya ke Mako Satbrimob Polda Kaltara yang diterima oleh personel penjagaan. Laporan ini kemudian diteruskan kepada Unit Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kaltara.

Dengan langsung mempersiapkan peralatan yang ada unit jibom Detasemen gegana bergegas menuju lokasi penemuan tersebut. Personel yang terlibat kali ini dipimpin oleh Bripka Budiono selaku PS. Panit Jibom Den Gegana. Benda temuan kali ini diduga mortir aktif mortir sisa perang dunia II.

Kota Tarakan  merupakan salah satu lokasi pertempuran pada perang duia kedua sehingga banyak sekali peninggalan sejarah termasuk benda militer.  Oleh sebab itu tak heran jika unit jibom sering sekali mendapatkan informasi terkait penemuan benda militer seperti mortir, torpedo dan bahan peledak lainya yang masih aktif.

Wadan Subden Gegana Satbrimob Polda Kaltara Ipda Anggit Ilham Pratama, S.Trk. membenarkan terkait penemuan tersebut. “Mendengar informasi dari masyarakat, Den Gegana langsung bergegas untuk menindak lanjuti benda mencurigakan tersebut dan benar telah ditemukan mortir aktif,” kata Ipda Anggit.

Ia menambahkan bahwa Unit Jibom telah dikerahkan dalam proses evakuasi tersebut, “Kami mengerahkan satu unit jibom dalam proses evakuasi ini, dengan prosedur yang ada personel mengevakuasi mortir untuk di amankan,” tutupnya.

Dengan adanya penemuan mortir ini, Wadan Subden Gegana mengimbau kepada masyarakat Kota Tarakan untuk segera melaporkan kepada pihak berwajib jika ada menemukan benda mencurigakan yang menyerupai bom atau mortir, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Batalyon Pelopor

Himbau masyarakat, Patroli gabungan kembali menyisir jalanan Nunukan

17 May 2020

Nunukan – Patroli Gabungan Kompi 3  bersama Satuan kewilayahan kembali  himbau dan tertibkan Masyarakat Kabupaten Nunukan. Sabtu (16/05/2020). Menindak lanjuti himbauan pemerintah, Satbrimob Polda Kaltara bersama satuan kewilayahan kembali melaksanakan Patroli Gabungan guna menghimbau masyarakat untuk tetap tinggal dirumah dan menghindari aktivitas diluar pada malam minggu. Kegiatan ini dilaksakan karena masih banyaknya masyarakat yang membandel dengan tetap beraktivitas diluar rumah, selain itu petugas juga mengantisipasi terjadinya balap liar yang kerap dilaksanakan pada bulan ramadan. Patr...

Batalyon Pelopor Detasemen Gegana Makosat

Hadapi Pemilu, Brimob Kaltara Membuka Latihan Penindakan Huru Hara

09 September 2020

Tarakan  - Satuan Brimob Polda Kaltara membuka latihan peningkatan kemampuan penindakan huru hara (PHH) bagi para Personelnya di Mako Satbrimob Polda Kaltara Kota Tarakan Kaltara. Rabu, (09/09/2020). Agenda pilkada yang sudah mulai rangkaiannya pada bulan ini menjadi perhatian bagi seluruh jajaran Kepolisian. Pesta demokrasi yang digelar serentak dibeberapa wilayah Indonesia terus dikawal pelaksanaannya oleh aparat demi lancarnya kegiatan tersebut. Menyikapi hal ini Satbrimob Polda Kaltara terus menyiapkan kemampuan personelnya dengan menggelar latihan peningkatan kemampuan PHH. Latihan merup...

Detasemen Gegana

Den Gegana bersama Satgas Covid-19 memantau Pelabuhan Malundung Tarakan di masa New Normal

20 June 2020

Tarakan  – Patroli Gabungan Covid-19 Detasemen Gegana bersama Satuan kewilayahan memantau situasi terkaitpenerapan New Normal di Pelabuhan Malundung Kota Tarakan. Jum’at malam (19/6/2020). Patroli Gabungan TNI Polri yang tergabung dalam Satuan Tugas Penaggulangan Covid-19 terus menggalakkan Patrolinya dalam memantau situasi di Kota Tarakan Kalimantan Utara. Kegiatan ini bertujuan untuk menghimbau dan memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait protokol kesehatan yang harus diterapkan. Patroli ini dilaksanakan personel TNI Polri dan Pemerintahan guna mendisiplinkan masyarakat terkait peratu...

Follow Us