of

“Brimob Untuk Indonesia” Brimob Kaltara Tampilkan Keanekaragaman Tarian Khas Indonesia

Published 27 November 2019 16:50 By Admin Kaltara


Tarakan - Seusai pelaksanaan upacara HUT Brimob Ke 74 di Makosat Brimob Polda Kaltara, Brimob Kaltara menampilkan pertunjukan Tari-tarian kolosal yang menggambarkan keanekaragaman budaya di Indonesia.

Tarian ini menceritakan tentang keaneka ragaman Indonesia yang di huni berbagai macam Suku, Agama dan Budaya yang berbeda-beda. Di dalam perbedaan ini bukanlah sesuatu yang mencerai beraikan tetapi menjadi unsur pemersatu bangsa tidak terkecuali brimob. Brimob yang memiliki anggota bermacam macam dari Suku, Agama dan Budaya Perpaduan ini menggambarkan anggota brimob di Indonesia khususnya di Kalimantan Utara yang bertugas menjaga NKRI bersama, namun memiliki perbedaan latar belakang yang berbeda tetapi tetap hidup aman dan damai karna Brimob itu adalah pasukan Satya Haprabu setia kepada Negara dan pimpinannya.

Tarian yang pertama, Jepin iluk Beedaangan, Tarian ini berasal dari Suku Tidung Tengara, Iluk Bedangan berasal dari bahasa Suku Tidung Tengara, Iluk Yang berarti Tari, dan bedangan yang berarti berteman atau berpasangan. Tarian ini menggambarkan kebersamaan para muda-mudi suku Tidung Tengara di pesta Malam Talu Landom, mereka menari bersama-sama sebagai rasa bentuk kegembiraan mereka.


Tarian yang kedua adalah Tari Gerak sama, tarian ini adalah Tari Pergaulan masyarakat Dayak Kenyah yang biasa juga di sebut dengan “Kancet  Datun”. Tarian ini biasanya di lakukan oleh para  perempuan Dayak Kenyah sebagai tarian selamat datang kepada tamu-tamu yang datang ke kampung mereka. Tarian ini juga merupakan ucapan rasa syukur kepada Tuhan atas perjumpaan dengan sanak saudara.

Tarian yang ketiga adalah Tari Barongan Dari Jawa Timur, Tarian ini menceritakan seorang patih atau seorang raja yang melawan angkara murka yang di gambarkan sosok siluman naga atau barong. Sang patih berperang dengan sosok siluman dan berjuang demi mensejarterakan rakyatnya.

Tarian yang ke empat  adalah tari Barongsai, Salah satu budaya yang saat ini dikenal adalah Barongsai yang menjadi ikon budaya yang masih eksis pada saat ini. Barongsai merupakan perpaduan seni dan olahraga. Barongsai dapat menciptakan interaksi sosial dan budaya yang akan menumbuhkan semangat persaudaraan antar etnis dan agama, khususnya dikalangan generasi muda serta menambah semangat persatuan dan kesatuan berbangsa, bernegara, serta cinta tanah air Indonesia.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltara, Kombes Pol Heri Sulesmono, SIK menyampaikan bahwa , “kegiatan ini sebagai tanda bahwa Brimob ingin masyarakat Indonesia semua sadar bahwa kita memang berbeda-beda namun dengan perbedaan itu akan menimbulkan warna yang sangat indah, Indonesia kaya akan budaya mari kita jaga Indonesia,” Ujar Kombes Heri.



Detasemen Gegana

Den Gegana Sosialisasikan Pentingnya Protokol Kesehatan Kepada Masyarakat

12 September 2020

Tarakan  – Satgas Aman Nusa II Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kaltara sosialisasikan Protokol kesehatan kepada masyarakat dalam adaptasi kebiasaan baru di Kota Tarakan. Sabtu (12/09/2020). Satgas Aman Nusa II yang dilaksanakan oleh jajaran Brimob Nusantara sebagai upaya penanggulangan wabah pandemi Covid-19 yang masih belum tuntas hingga saat ini. Satbrimob Polda Kaltara terus berupaya membimbing masyarakat untuk menerapkan hidup sehat dengan selalu menerapkan protokol kesehatan. Melalui Patroli Motor Personel Detasemen Gegana mengunjungi beberapa tempat berkumpulnya masyarakat  untuk menso...

Batalyon Pelopor

Brimob Kaltara Kunjungi Vihara Pantau Situasi Hari Raya Waisak

08 May 2020

Tarakan – Patroli Brimob Kompi 2 Batalyon A Pelopor Mengunjungi vihara-vihara di Kota Tarakan Kalimantan Utara. Kamis, 07 Mei 2020. Dalam rangka memberikan himbauan serta menjaga masyarakat agar terhindar dari paparan Covid-19 saat peringatan Hari Raya Waisak Umat Budha, Personil Brimob Kompi 2 Batalyon A Pelopor terus melakukan patrolinya di Vhara -vihara wilayah Kota Tarakan. Adapun Vihara yang dikunjungi antara lain Vihara Tantrayana Zhen fo zong kasogatan Indonesia di Kampung Bugis dan Vihara Surya Maitreya Di Sebengkok. Dengan menggunakan kendaraan bermotor tim patmor berkeliling mengunj...

Batalyon Pelopor

Berjalan Kondusif, Unjuk Rasa di Kantor DPR Provinsi Kaltara berhasil diamankan Petugas Keamanan

09 October 2020

Tanjung Selor –Unjuk rasa penolakan undang-undang omnibuslaw dari aliansi buruh dan mahasiswa di Kabupaten Bulungan berjalan Kondusif. Kamis, (8/10). Aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh Buruh dan mahasiswa kali ini sama seperti di Kota lainnya yaitu dalam rangka  penolakan pengesahan undang-undang omnibuslaw cipta kerja. Ratusan masa demonstran ini terdiri dari berbagai elemen mahasiswa dan Buruh yang ada di Kabupaten Bulungan. Masa bergerak dan berkumpul untuk menyuarakan aksinya didepan Kantor DPRD Kaltara Jl. Kolonel Soetadji Tanjung Selor Kabupaten Bulungan Kalimantan Utara. Menyikapi hal...

Follow Us