of

“Brimob Untuk Indonesia” Brimob Kaltara Tampilkan Keanekaragaman Tarian Khas Indonesia

Published 27 November 2019 17:50 By Admin Kaltara


Tarakan - Seusai pelaksanaan upacara HUT Brimob Ke 74 di Makosat Brimob Polda Kaltara, Brimob Kaltara menampilkan pertunjukan Tari-tarian kolosal yang menggambarkan keanekaragaman budaya di Indonesia.

Tarian ini menceritakan tentang keaneka ragaman Indonesia yang di huni berbagai macam Suku, Agama dan Budaya yang berbeda-beda. Di dalam perbedaan ini bukanlah sesuatu yang mencerai beraikan tetapi menjadi unsur pemersatu bangsa tidak terkecuali brimob. Brimob yang memiliki anggota bermacam macam dari Suku, Agama dan Budaya Perpaduan ini menggambarkan anggota brimob di Indonesia khususnya di Kalimantan Utara yang bertugas menjaga NKRI bersama, namun memiliki perbedaan latar belakang yang berbeda tetapi tetap hidup aman dan damai karna Brimob itu adalah pasukan Satya Haprabu setia kepada Negara dan pimpinannya.

Tarian yang pertama, Jepin iluk Beedaangan, Tarian ini berasal dari Suku Tidung Tengara, Iluk Bedangan berasal dari bahasa Suku Tidung Tengara, Iluk Yang berarti Tari, dan bedangan yang berarti berteman atau berpasangan. Tarian ini menggambarkan kebersamaan para muda-mudi suku Tidung Tengara di pesta Malam Talu Landom, mereka menari bersama-sama sebagai rasa bentuk kegembiraan mereka.


Tarian yang kedua adalah Tari Gerak sama, tarian ini adalah Tari Pergaulan masyarakat Dayak Kenyah yang biasa juga di sebut dengan “Kancet  Datun”. Tarian ini biasanya di lakukan oleh para  perempuan Dayak Kenyah sebagai tarian selamat datang kepada tamu-tamu yang datang ke kampung mereka. Tarian ini juga merupakan ucapan rasa syukur kepada Tuhan atas perjumpaan dengan sanak saudara.

Tarian yang ketiga adalah Tari Barongan Dari Jawa Timur, Tarian ini menceritakan seorang patih atau seorang raja yang melawan angkara murka yang di gambarkan sosok siluman naga atau barong. Sang patih berperang dengan sosok siluman dan berjuang demi mensejarterakan rakyatnya.

Tarian yang ke empat  adalah tari Barongsai, Salah satu budaya yang saat ini dikenal adalah Barongsai yang menjadi ikon budaya yang masih eksis pada saat ini. Barongsai merupakan perpaduan seni dan olahraga. Barongsai dapat menciptakan interaksi sosial dan budaya yang akan menumbuhkan semangat persaudaraan antar etnis dan agama, khususnya dikalangan generasi muda serta menambah semangat persatuan dan kesatuan berbangsa, bernegara, serta cinta tanah air Indonesia.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltara, Kombes Pol Heri Sulesmono, SIK menyampaikan bahwa , “kegiatan ini sebagai tanda bahwa Brimob ingin masyarakat Indonesia semua sadar bahwa kita memang berbeda-beda namun dengan perbedaan itu akan menimbulkan warna yang sangat indah, Indonesia kaya akan budaya mari kita jaga Indonesia,” Ujar Kombes Heri.



Batalyon Pelopor Detasemen Gegana Makosat

Gelar Syukuran HUT Brimob Ke-74, Brimob Kaltara Laksanakan Pemotongan Tumpeng

27 November 2019

Tarakan – Satbrimob Polda Kaltara gelar syukuran Hari Ulang Tahun Brimob ke 74 usai pelaksanaan upacara yang bertempat di Lapangan Makosat Brimob Polda Kaltara, Kamis (14/11/2019). Acara syukuran HUT Brimob ke 74 ditandai dengan pemotongan tumpeng yang diserahkan kepada Personil Brimob tertua dan termuda. Komandan Korps Brimob Irjen Pol. Drs. Anang Revandoko dalam sambutannya yang dibacakan oleh oleh Dansat Brimob Polda Kaltara menyampaikan tema ulang tahun ke 74 Brimob polri tahun ini adalah Brimob untuk Indonesia yang memiliki makna suatu keinginan lahir dan batin dari segenap prajuri...

Brimob Kaltara Amankan Gelaran Walikota Cup

01 December 2019

Tarakan – Personil Satbrimob Polda Kaltara laksanakan pengamanan sepak bola di Stadion Datu Adil Kota Tarakan dalam ajang Walikota Cup yang mempertemukan antara Bhayangkara Benuanta FC vs PS Ksatria Utara Kompi C, Senin (18/11). Kegiatan pengamanan ini dilakukan untuk mengantisipasi kejadian yang tidak di inginkan serta menjamin kelancaran jalannya pertandingan. Gelaran Walikota Cup yang dihaidiri oleh Wakapolda Kaltara Kombes Pol Drs. Zainal Arifin Paliwang, SH, M.Hum ini di selenggarakan dengan tujuan untuk mempererat hubungan antar instansi, baik dari Pemerintahan maupun TNI-Polri serta dih...

Bimbingan Teknis Fungsi Pelopor Guna Samakan Persepsi

01 December 2019

Bimbingan Teknis Fungsi Pelopor Guna Samakan Persepsi Tarakan – Tim Bimtek Fungsi Pelopor Korbrimob Polri dibawah pimpinan Kombes. Pol. Drs. Adeni Mohan Daeng Pabali, M.M., M.B.A. melaksanakan kunjungan ke Makosat Brimob Polda Kaltara guna melaksanakan bimbingan teknis fungsi Pelopor kepada personil Satbrimob Polda Kaltara, Rabu, 20 November 2019. Kegiatan ini dilaksnakan dengan tujuan untuk mensosialisasikan peraturan Dankor Brimob Polri tentang penanganan aksi huru-hara, anarkisme dan ancamanan Kelompok Kriminal Bersenjata serta Teroris guna menyamankan persepsi tindakan...

Follow Us